Yakiniku Halal di Satsuma Tanden

Menikmati Wagyu halal di kawasan Yoyogi

Daging sapi Jepang, yang lebih dikenal dengan sebutan wagyu, sangat terkenal dengan kualitasnya yang sudah diakui baik dari segi tekstur maupun rasa. Tentu saja dengan harga yang sebanding. Konon kabarnya sapi-sapi wagyu itu diternak dengan teknik tertentu demi menghasilkan daging dengan kualitas terbaik. Ada yang diberi pakan khusus, diternak di lingkungan tertentu agar pertumbuhan sapi optimal, bahkan katanya ada juga yang sapinya rutin dipijat untuk mendapatkan daging yang empuk. Tapi sayangnya belum terlalu banyak restoran di Jepang yang menyajikan daging wagyu halal di menu mereka.

“Satsuma Tanden” cabang Yoyogi adalah salah satu di antara beberapa restoran yakiniku halal yang menyajikan daging sapi wagyu (tipe kuroge wagyu atau black wagyu) dari Kagoshima. Restoran ini memiliki dua cabang di Tokyo, tapi perlu diperhatikan bahwa hanya cabang Yoyogi yang menyediakan menu halal. Di sini disediakan menu halal course seharga 4.500 yen per orang. Sudah termasuk minum sepuasnya selama 90 menit, satu mangkuk nasi, sup, dan dessert berupa brown sugar ice yang benar-benar enak!

Di buku menu yang mereka sediakan tertulis juga beberapa pilihan daging dengan porsi lebih kecil, dan pastinya dengan harga yang lebih terjangkau. Tetapi waktu saya menelpon untuk reservasi, saya diberitahu kalau sementara ini mereka hanya menerima pesanan menu course. Mungkin ini semacam jumlah pemesanan minimal karena tampaknya belum terlalu banyak pengunjung muslim yang datang ke sana. Tapi yang jelas dengan porsi di menu course itu, saya sudah merasa cukup kenyang dan sama sekali tidak merasa perlu memesan menu tambahan.

Sejujurnya masih sulit bagi saya untuk membedakan antara daging sapi biasa dengan daging wagyu yang memang harganya lebih mahal dibandingkan daging sapi biasa itu. Dari informasi yang saya dapatkan, "batik" dari lemak daging wagyu-lah yang sebagian besar menentukan level kualitas daging itu. Dari dua piring berisi beberapa jenis bagian daging sapi yang disajikan, ada jenis daging yang lemaknya terasa lembut dan meleleh di mulut. Tapi Anda harus berhati-hati juga karena bisa jadi lemaknya akan terasa kenyal jika cara membakarnya kurang tepat. Kelebihan Satsuma Tanden Yoyogi ini adalah sajian mix-plate yang memungkinkan pengunjung mencicipi beberapa jenis daging sekaligus dengan porsi tak terlalu berlebihan untuk masing-masing jenis daging.

Catatan penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah restoran yakiniku ini hanya berjarak 10 menit jalan kaki dari Takashimaya Shinjuku yang sudah menyediakan fasilitas tempat shalat di lantai 11 pusat perbelanjaan itu. Jadi tak perlu khawatir lagi mencari taman atau lokasi yang sepi untuk menjalankan ibadah shalat sebelum atau sesudah menikmati wagyu di Satsuma Tanden Yoyogi! Kapan lagi bisa menikmati langsung yakiniku halal dengan daging wagyu khas Jepang ini!

0
5
この記事は役に立ちましたか?
JapanTravel.com のサービス向上にご協力ください。
評価する

会話に参加する

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.